kumpulan info terbaru, terseru, terkini, dan menarik lainnya

Selasa, 14 Februari 2017

Bagaimana Kata-Kata Mempengaruhi Hidup Kita??


Selamat siang sobat infoterseruku Setiap hari kita berkomunikasi dengan orang lain dengan berbagai macam bahasa dan kata-kata. Berbagai macam kata-kata dan bahasa itu mengalir deras begitu saja dari mulut kita. Bahkan menurut sebuah study wanita mengeluarkan 13.000 hingga 20.000 kata-kata setiap harinya. Sementara pria mengeluarkan kata-kata sekitar 6.000 sampai 10.000 dalam sehari.

Bagaimana Kata-Kata Mempengaruhi Keseluruhan Hidup Kita?

Bisa dibilang, kata-kata sudah jadi bagian hidup kita. Bahkan sebuah study memang telah mengungkapkan bahwa kita bisa mengetahui kejiwaan seseorang hanya dengan memperhatikan pilihan kata-katanya.
Namun ternyata bukan cuma itu. Artikel kali ini coba menguak, apa dan sampai di mana saja pengaruh kata-kata dalam membentuk hidup kita secara keseluruhan.

Langsung saja berikut ulasannya...

Bagaimana Kata-Kata Mempengaruhi Molekul Tubuh Kita

Hasil gambar untuk kata kata mempengaruhi tubuh

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr.Masaru Emoto, seorang ilmuwan dan peneliti dari Hado Institute Jepang, menunjukkan fakta yang benar-benar mencengangkan. 

Yakni: bagaimana kata-kata sangat berpengaruh terhadap kondisi seseorang atau sesuatu benda. 

Dalam penelitian tersebut, Dr. Emoto menggunakan Nasi sebagai media penelitian. Nasi yang sama dibagi ke dalam 3 wadah yang berbeda. Kemudian pada nasi pertama, diberi tulisan positif. 

Seperti, “Kamu baik, I love You, terima kasih," dan lain sebagainya. 

Nasi kedua diberi tulisan yang negatif. Semisal, “Kamu busuk, jahat, aku benci kamu.” 

Sementara nasi ketiga dibiarkan saja tanpa tulisan apa-apa. 

Setiap hari, nasi-nasi itu dibacakan kata-kata yang tertulis di masing-masing wadahnya. Apa yang terjadi kemudian sangat mengejutkan… 

Pada hari ke 27, nasi pertama―yang diberi tulisan positif―menjadi tidak basi. Ia hanya berjamur, tapi jamurnya bukan yang bau, melainkan jamur ragi yang wangi. Nasi kedua, secara mengejutkan menjadi basi, menghitam dan busuk lebih cepat. Sementara nasi ketiga, nampak berkerak kehitaman alami. 

Akhirnya Dr. Emoto mengambil kesimpulan bahwa, memang kata-kata memiliki dampak kekuatan yang mempengaruhi kondisi seseorang dan sesuatu. 

Hal yang sama juga terjadi pada air. Dalam bukunya The True Power of Water, ia menunjukkan bahwa air yang selalu dibacakan kalimat-kalimat positif membentuk Kristal persegi enam yang sangat indah. Sementara jika kata-kata yang diucapkan adalah negatif, air tersebut kristalnya menjadi rusak dan tak beraturan. (Sementara menurut Dr. Emoto sendiri, Kristal air terbaik adalah air zam-zam dari Mekah, di mana bentuknya sempurna menyerupai berlian.) 

Sekarang bagaimana dengan Manusia? 

Bukankah 90% tubuh kita adalah air? Jadi kita bisa tebak sendiri bagaimana pengaruh kata-kata positif terhadap tubuh kita.

Bagaimana Kata-Kata Membentuk Kepribadian Kita

Bagaimana Kata-Kata Mempengaruhi Keseluruhan Hidup Kita?

Dalam ilmu Antropologi, ada satu cabang ilmu yang disebut “labelling theory” atau “teori menandai.” Teori ini mengatakan bahwa identitas dan kepribadian seseorang ternyata ditentukan oleh kata apa yang dominan dilabelkan kepadanya. Dengan kata lain, jika seseorang sering dipanggil “si jahat” atau “si pemalu” pada akhirnya benar-benar akan menjadi seperti itu. Jadi hati-hatilah bagaimana anda memanggil anak-anak anda. Begitupun halnya jika seseorang sering diberitahukan hal-hal positif, pada akhirnya ia akan menjadi benar-benar positif dalam hidupnya.

Namun kebanyakan dari kita tidak paham akan hal tersebut. Kita seenaknya saja mengatakan kata-kata negatif kepada anak-anak kita. 

Contoh kita menghardik anak-anak: “Kamu kok penakut?” Harapan kita dengan mengatakan begitu, anak-anak akan sadar, dan akhirnya menjadi lebih berani. Jangan harap! Justru ia akan semakin percaya bahwa dirinya adalah penakut. Sehingga ia menjadi benar-benar penakut. Apalagi jika yang mengatakannya adalah orang yang dianggap role model. Seperti orang tua atau guru. 



Sejatinya anak-anak itu adalah manusia-manusia paling pemberani. Mereka tidak takut apa-apa, sebab tidak ada konsep takut dalam otaknya. Hanya saja kitalah orang tua yang kerap kali menjejalkan konsep takut itu kepadanya. Misalnya kita katakan, “Kalau kamu tidak tidur siang, nanti digigit hantu loh!” akhirnya, si anak menjadi ketakutan beneran. Sayangnya, hal semacam ini dibawa sampai dewasa. Ketakutan-ketakutan itu mengendap dan mengakar di dalam diri kita selamanya. 

Begitulah pentingnya kata-kata membentuk kepribadian kita. Jadi penting untuk memilih kata-kata yang benar-benar positif yang bisa memberdayakan kehidupan. 

Masalahnya setiap hari, lebih kerak kita mengucilkan bahkan menghina diri sendiri. Ketika berdiri di depan cermin, berbagai sumpah serapa lebih gampang mengalir keluar mulut kita daripada pujian-pujian positif.

Bagaimana Kata-kata Membentuk Reputasi Kita

Bagaimana Kata-Kata Mempengaruhi Keseluruhan Hidup Kita?

Pada tulisan ini kita akan menguak fakta bahwa, kita sukses bukan sekedar karena kualitas kompetensi kita semata, melainkan juga tentang bagaimana orang-orang mengenali diri kita. 

Sebab percuma kita punya kualitas setinggi Empire State Building di Amerika, jika tidak ada orang yang mengetahuinya. Siapa juga yang akan membayar kita? Atau kalaupun kenal, tapi orang-orang mengenal kita keliru, sama juga! 

“Kita sukses bukan karena siapa yang kita kenal, melainkan siapa yang mengenal kita.” Ungkap Mario Teguh. 

Nah, dalam kasus ini penting untuk memperkenalkan diri kita dengan sebaik mungkin. Dan semua itu bergantung pada kata apa yang kita gunakan untuk memperkenalkan diri kita. 

Dengan kata yang tepat, orang akan lebih mudah memahami siapa kita, dan bagaimana kualitas pelayanan kita. Setelah itu, akan kembali lagi pada “labeling theory” tadi. Bahwa orang akan melabelkan kita dengan kata yang tepat, maka semakin mudahlah kesuksesan kita rengkuh.

Bagaimana Kata-Kata Membentuk Kondisi Lingkungan Kita?
Hasil gambar untuk kata kata mempengaruhi tubuh


“Ucapan adalah doa.” Begitu orang-orang mengatakan. 

Hal ini sangat sejalan dengan hukum Law of Attraction (LoA) yang belakangang menjadi begitu digandrungi. Sama-sama sudah kita pahami, bahwa menurut hukum ini, apapun yang kita pikirkan, itulah yang akan kita kirim ke semesta, dan untuk selanjutnya, oleh semesta akan dikirim balik ke kehidupan kita dalam wujud nyata. “Though become thing!” Pikiran menjadi benda nyata. Begitu para pakar mengistilahkannya. 

Jadi dari sini bisa kita simpulkan, bahwa apapun yang kita pikirkan akan membentuk kehidupan kita. Kondisi kita hari ini adalah hasil dari apa yang kita pikirkan kemarin. Dan apa yang akan terjadi besok, ditentukan oleh apa yang kita pikirkan hari ini. 

Kita benar-benar mendapatkan apa yang kita pikirkan. “Melalui pikiranlah, kita membentuk dunia kita.” Begitu nasehat Sang Buddha. 

Sementara di dalam kitab suci sendiri, Tuhan pernah berfirman, “Aku sesuai prasangka hamba-Ku kepada-Ku.” 

Sekarang bagaimana pikiran kita dibentuk? Menurut Toni Robbins, Motivator No. 1 Se-dunia, kata-kata yang kita gunakan sehari-hari menghasilkan dampak tersendiri pada pikiran kita. Karena itu, dalam bukunya, “Awaken The Giant Within,” ia mengajarkan untuk mengganti perbendaharaan kita. Misalnya, ketika anda lebih cenderung menggunakan kata “saya benci segalanya,” akan terasa lebih berbeda dampaknya ketika anda mengatakan, “saya lebih suka yang lainnya.” Atau misalnya kata “kegagahan” jauh lebih powerful kesannya dari pada “berusaha.” Dari pada mengatakan, “saya baik-baik saja,” akan terasa pengaruhnya jika kita mengatakan, “Saya luar biasa dahsyat!” 

Begitulah sebuah kata masing-masing memiliki kesan yang menciptakan gambaran dari pikiran kita. Dan dari sanalah kehidupan kita dibentuk. 

Pada akhirnya, demikianlah bagaimana kehidupan kita dibentuk dari kata-kata. Hal yang kerap kali kita pandang remeh dan sepele, ternyata adalah yang paling berdampak membentuk garis kehidupan kita sendiri. Kini pilihan ada di kita punya tangan, mau terjebak dalam perangkap kata-kata negatif, atau menyaringnya, dan memilih untuk gagah dengan kalimat-kalimat positif yang memberdayakan.

Akhirnya, marilah kita pegang teguh kata-kata bijak Kong Hu Chu berikut ini: "Tanpa mengenal kuasa kata-kata, mustahil kita mengenal kuasa manusia."

Jadi kata-kata apa yang akan agan gunakan hari ini dan seterusnya?

Sumber : pengembangandiri
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

infoterseruku.blogspot.com. Diberdayakan oleh Blogger.

View All

Paling Dilihat